Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia melalui Pelajaran Musik.

Pelita Ekspres | Selasa, 12 September 2017 | Dibaca: 46 | Pendidikan

(pelitakspres.com) –BANDARLAMPUNG-Musik menjadi salah satu media yang tidak dapat dipisahkan lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Mendengarkan musik sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian manusia.

Seiring perkembangan zaman dan teknologi saat ini membuat arus informasi dapat dengan mudah masuk ke setiap negara tak terkecuali Indonesia. Sebagai negara yang memegang erat budaya ketimuran, indonesia harus menjaga kebudayaan yang ada agar tidak tergerus oleh budaya barat, salah satunya adalah dengan menjaga lagu daerah Indonesia. Hal tersebut dilakukan oleh Mr. Pungki Wahana Putra yang tak lain adalah guru seni sekolah Global Surya. Guru yang merupakan alumni FKIP Unila ini mengajar musik sejak tiga tahun lalu. Dalam pelajaran musik yang ia berikan Mr. Pungki selalu memperkenalkan lagu-lagu daerah yang dia harmonikan dengan berbagai alat musik seperti drum, pianika, gamolan dan lain-lain.

“Sampai saat ini tidak ada kesulitan dalam hal mengajar anak-anak dibidang musik, hanya saja kita harus tahu apa yang diinginkan siswa misalnya siswa tersebut saat ini mau belajar pianika, ya saya turuti, setelah mereka mainkan dan mulai faham baru saya padukan dengan berbagai alat musik yang mereka pegang” ujarnya saat ditemui di studio musik sekolah Global Surya (12/9).

Selain untuk mengetahui dan mengenal budaya indonesia melalui alat musik dan lagu yang ia ajarkan pada anak-anak, Mr. Pungki juga sedang fokus untuk mempersiapkan siswa-siswinya untuk mengikuti ajang perlombaan seperti FSL2N, O2SN, MTQ dan lain-lain.

Sampai saat ini siswa-siswi Global Surya baik SD, SMP dan SMA yang meyukai bidang musik sudah banyak yang menyumbangkan piala melalui prestasi yang mereka raih baik tingkat kota maupun propinsi. (SA)