Gelar Budaya Nusantara Sambut Festival Keraton Nusantara 2017

Pelita Ekspres | Rabu, 13 September 2017 | Dibaca: 140 | Nasional


(pelitaekspres.com) - CIREBON- Perhelatan Festival Keraton Nusantara (FKN) XI akan digelar di Cirebon pada 15 - 19 September 2017. Menyambut event ini, di Taman Air Goa Sunyaragi akan diadakan berbagai rangkaian acara untuk memeriahkan FKN 2017 mulai 5 - 20 September 2017.

Gelar Budaya Nusantara akan diisi dengan penampilan tradisional maupun kontemporer yakni Pagelaran Kupu Tarung, Angklung Bungko, Tari Palagan Nyimas Gandasari, Tari Pendet  Tari Topeng Kelana, Jaipong, Pencak Silat, Tari Kontemporer, Street Dance Perkusi, DJ Vin Tarling serta Pop Sunda dan lain-lain.

Disamping itu, akan dimeriahkan juga oleh  band, Barudak  Tuna Netra Berkarya. Bobby &  Friend, Cirapbon, Sundanis Hip Hop. Pemusik Jalalan dan bintang dangdut jebolan D’Academy.

Gelar Budaya Nusantara menjelang acara Puncak FKN 2017 juga akan diisi dengan kegiatan workshop membatik, pameran fotografi dan workshop pembuatan topeng.

Hal yang tak kalah menjadi daya tarik pengunjung adalah adanya Mini Planetarium yang disupport oleh LAPAN selama 3 hari yakni 5 - 7 September 2017. Tidak hanya Planetarium, LAPAN juga memberikan edukasi tentang antariksa yakni berupa dongeng antariksa.

Warga juga selama 3 hari tersebut bisa menikmati  Teropong Bintang dan Bulan di malam hari  mulai  jam 17.00 - 21.00 tanpa dipungut biaya.

Untuk meramaikan event ini juga digelar Pasar Rakyat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Cirebon.

Pada Minggu 10 September 2017, digelar event tahunan yakni Family Fun Bike Tour de Keraton dengan start Keraton Kasepuhan dan Finish di Goa Sunyaragi dengan tiket Rp 20.000 yang bisa didapatkan di Loket Goa Sunyaragi.

Untuk perhelatan FKN 2017, 15 - 19 September 2017 digelar Welcome Dinner Raja/Sultan se-Nusantara, Pameran Benda Pusaka, Kirab Agung Prajurit Keraton Se-Nusantara, Pagelaran Kesenian Budaya, Busana dan Upacara Adat Keraton-keraton se-Nusantara.

Acara lainnya yakni Musyawarah Raja/Sultan se-Nusantara di Keraton Kasepuhan.

Pada FKN 2017 ini juga akan diadakan lomba panahan tradisional se-Indonesia bekerja sama dengan KPBI (Komunitas Panahan dan Berkuda Indonesia).

Disamping itu, digelar juga seminar dan pameran naskah kuno keraton se-Nusantara bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional.

Festival Keraton Nusantara XI ini tidak hanya dihadiri oleh keraton-keraton di Indonesia namun juga oleh raja/sultan dari luar negeri.

Kegiatan Raja/Sultan se-Nusantara dalam rangka meningkatkan pariwisata di Cirebon yakni City Tour berupa wisata kuliner, wisata religi, wisata sejarah dan wisata kerajinan di Cirebon.

Semua rangkaian kegiatan gelar budaya menyambut Festival Keraton Nusantara XI adalah swadaya dari masyarakat Cirebon yang dibantu oleh beberapa sponsorship & pelaksananya adalah para Volunteer Kasepuhan Kreatif  (VKK) yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan  masyarakat peduli budaya. (*)