Mustafa Ajak Pedagang Rawat Plaza Bandarjaya

Pelita Ekspres | Rabu, 13 September 2017 | Dibaca: 54 | Daerah

(pelitaekspres.com) – LAMTENG-  Menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait sampah menumpuk di Plaza Bandarjaya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah langsung membentuk Satgas Kebersihan yang terdiri dari berbagai unsur organisasi pemerintah daerah (OPD). 

 Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa mengatakan, pasukan Satgas Kebersihan terdiri dari unsur Dinas Pasar, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Permukiman. Tak hanya tim orange, Satgas kebersihan ini nantinya akan bertanggung jawab atas kebersihan pasar.

 "Ini telah kita diskusikan. Sebelumnya saya telah beberapa kali turun, bahkan ikut gotong royong membersihkan pasar. Dan hari ini Pak Wabup Loekman juga turun langsung ke pasar. Kita sepakat, terkait permasalahan pasar Bandarjaya kita akan membentuk satgas kebersihan," ungkap Bupati Mustafa, Rabu, 13/9/2017.

 Pada kesempatan itu, Mustafa juga mengajak masyarakat khususnya pedagang untuk bersama-sama bertanggung jawab atas kondisi Plaza Bandarjaya. “Harus ada rasa memiliki, bahwa ini pasar milik kita, kita pula yang harus menjaga. Jangan buang sampah sembarangan. Tanamkan dalam diri bahwa ini bagian dari tanggung jawab, bukan keterpaksaan,” imbuhnya. 

 Sementara itu, Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djojosoemarto mengatakan permasalahan sampah di Pasar Bandarjaya juga disebabkan minimnya kepedulian masyarakat khususnya pedagang untuk menjaga kebersihan. 

 "Saya melihat faktor kepedulian masyarakat masih jauh dari kata untuk tidak membuang sampah di got, namun ini masih terjadi, kita akan langsung undang Dinas Lingkungan Hidup guna membersihkan selokan," ujarnya. 

 Sebagai perwajahan Lampung Tengah, menurutnya, Loekman menegaskan pasar Bandajaya harus ditata. Warga diharapkan bisa mendukung program pemerintah, termasuk soal penataan dan kebersihan pasar. "Mari kita rawat, jaga kebersihannya, sama-sama kita jaga keamanannya,” pungkas Loekman. 

Senada disampaikan Kepala Dinas Pasar Lampung Tengah, Rusnadi. Pihaknya berjanji akan mengupayakan kebersihan Pasar Bandarjaya secara maksimal.

 Ia juga mewanti-wanti agar pedagang maupun warga bisa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. "Kami telah menyediakan tempat pembuangan sampah (TPS) yang diharapkan bisa dimanfaatkan warga dan pedagang untuk membuang sampah," tandasnya.(*)