Kementerian Kominfo dan DPR Gelar Seminar Pemahaman Internet

Pelita Ekspres | Senin, 27 November 2017 | Dibaca: 55 | Nasional

(pelitaekspres. com)  - KOTABUMI-Kementrian Komunikasi dan informatika Republik  Indonesian  (Kemkominfo) bersama dengan DPR-RI mengadakan Seminar tentang  Pemahaman Pengguna Internet sebagai Penangkal  Konten Hoax, Yang dibertempat di Hotel Cahaya, Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara. Senin ( 27/11/2017)

Adapun narasumber dalam kegiatan seminar itu diantaranya Anggota DPR-RI Alimin Abdulah, DPRD Provinsi Lampung, Kemkominfo Gun Gun Iswandi Efendi Staf Ahli Kementerian Mahasiswa STIH STKIP Muhamaddiyah.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Alimin Abdullah, mengatakan persoalan yang terjadi saat ini salah satu nya ialah sering beredarnya informasi Hoax di Media Soasial ( Medsos), maka DPR-RI bersama dengan Kemkominfo mengadakan seminar guna untuk menangkal konten Hoax.

" Ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat dan DPR-RI RI terhadap maraknya peredaran informasi yang tidak benar (Hoax)," kata dia.

Dijelaskannya, kegiatan seminar ini, untuk memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat dalam menggunakan Media Sosial harus memberikan informasi yang akurat dan jelas kebenarannya. Jangan memberikan informasi yang Hoax, untuk membohongi masyarakat guna untuk kepentingan pribadi atau golongan lainnya.

" Saya selaku Anggota Perwakilan Rakyat  Republik Indonesia ( DPR-RI) akan memerangi namanya informasi Konten HOax," ungkapnya.

Sementara itu, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia ( Kemkomnifa) yang diwakili Staf ahli, Gun Gun Iswandi Efendi, menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah Pusat dalam mencegah beredarnya informasi Konten Hoax. Karena seleruh masyarakat sekarang sudah banyak menggunakan media sosial untuk mendapatkan sumber informasi.

Lanjut, Gun Gun, Guna untuk menekan peredaran informasi Hoax, pemerintah pusat mengadakan kegiatan sosialisasi dengan cara memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwasanya media sosial ialah suatu sarana dimana kita bisa mencari informasi yang positif.

" banyak peluang yang bisa didapatkan melalui media sosial dengan cara membangun relasi dan komunikasi sehingga bisa tercipta suatu peluang untuk berwirausaha," jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Kadis Kominfo, Sanny Lumi, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pemerintah pusat untuk memerangi beredarnya berita Hoax. Untuk itu, " Dengan adanya seminar hari ini, bisa memberikan manfaat yang baik sehingga masyarakat dalam enggunakan media sosial agar dapat menyampaikan informasi Akurat dan dipercaya.

" Saya mengajak masyarakat Lampung Utara, agar bersama- sama untuk menekan beredarnya informasi Hoax, sehingga masyarakat tidak dipengaruhi oleh bahasa-bahasa yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan," pungkasnya. (pe-hendra)