Raja Ranau Hadiri Festival Danau Ranau

Pelita Ekspres | Jumat, 15 Desember 2017 | Dibaca: 79 | Pariwisata



(pelitaekspres.com)-OKU SELATAN - Ribuan peserta dan warga dari berbagai Daerah antusias dalam mengikuti kegiatan Festival Danau Ranau (FDR) XXI di Dermaga Ponton, Bandar Agung, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Kamis (14/12).

Pembukaan even yang digelar 14 hingga 16 Desember 2017 dan dihadiri Anggota DPR RI yang juga Sai Batin Raja Adat Buay Pematang Ribu Marga Ranau Erwin Moeslimin Singajuru, SH, MH,  Menteri Pariwisata Republik Indonesia yang diwakili Kepala Biro Hukum M Iqbal dan dibuka oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan, H. Ishak Mekki. Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Oku Selatan Popo Ali Martopo dan Sholehin Abuasir.

Wagub Sumsel H. Ishak Mekki ST dalam kesempatan itu mengatakan, Danau Ranau adalah kawasan wisata luar biasa, karena merupakan danau terbesar ke-2 setelah Danau Toba di Pulau Sumatera. Namun, untuk mengenalkanya memang masih butuh ‎even dan kegiatan, seperti Festival Danau Ranau.

Sementara Erwin Singajuru Anggota DPR RI 2 Periode dari Dapil Sumsel I ini kepada wartawan memaparkan, "Wilayah ini cocok untuk menjadi salahsatu tujuan wisata utama di Provinsi Sumsel. Sarana prasaeana Jalan Provinsi yang saat ini rusak sudah kita minta kepada pemerintah Provinsi untuk diperbaiki sampai perbatasan dengan Provinsi Lampung di Kotabatu. Ditambah sebagai Anggota DPR RI kami sudah melobi dan memperjuangkan kepada Menteri Perhubungan RI agar dapat mengaktifkan dan memfungsikan kembali Lapangan Terbang Ranau".

"Daerah ini kaya dengan adat budaya dan tradisi yang masih terjaga ada Pertunjukan Nyambai yang masih eksis sampai sekarang. Selain itu Wisata kuliner Ikan Mujair segar yang menggugah selera. Belum lagi ada pemandian air panas nya ditambah pemandangan alam dan cuaca yang sejuk membuat wisatawan betah di Danau Ranau", Tambah Tokoh yang akrab disapa Atin Erwin ini. (*)