2018 Pariwisata Tanggamus Harus Lebih Maju

Pelita Ekspres | Selasa, 09 Januari 2018 | Dibaca: 102 | Pariwisata

2018 Pariwisata Tanggamus Harus Lebih Maju

Hj. Retno Noviana Damayanti,ST.MT Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus

(pelitaekspres.com)-TANGGAMUS--Program Dinas Pariwisata (Dispar) Tanggamus Tahun 2018 untuk memajukan wisata alam yang ada di kabupaten Tanggamus.

Program terdiri dari pembuatan wisata pantai akan digali kembali potensi potensi wisata yang ada di kabupaten Tanggamus, karna banyak sekali potensi wisata yang terletak di kabupaten Tanggamus seperti Teluk kiluan, Teluk Paku, Way Lalaan dan Taman pantai muara indah.

Menurut Kepala Dinas Parawisata (Kadispar) Kabupaten Tanggamus Hj. Retno Noviana Damayanti, ST. MT, Kabupaten Tanggamus, sangat banyak potensi alam yang blum di gali, seperti potensi wisata alam pegunungan maupun Wisata Pantai di sepanjang pesisir Tanggamus.

Kemudian beberapa destinasi wisata lainnya yang saat ini sudah menjadi sorotan pengunjung juga harus segera kita kembangkan, seperti destinasi wisata Karang Bolong, Air Terjun Batu Lapis Pulau Panggung, air terjun Lamuran dan wisata pantai Muara Indah Kotaagung.

"Memang setiap tahun Dinas Parawisata membuat program program yang baru agar potensi wisata alam Tanggamus banyak di kunjungi wisatawan ke beberapa spot destinasi yang ada di Tanggamus," ujar Retno, Selasa (09/01/2018).

Retno juga menambahkan, kemajuan dunia pariwisata Kabupaten Tanggamus, tidak lepas dari kerja keras para pengurus Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai pihak pengelola masing-masing destinasi wisata. Yang mana Pokdarwis yang terbentuk dari masyarakat sekitar destinasi, utamanya para pemuda dan pemudinya, dibina oleh Dispar Tanggamus, bagaimana cara mengelola destinasi yang baik dan benar serta profesional, dengan mengedepankan sapta pesona wisata.

"Saat ini di 18 lokasi destinasi wisata sudah terbentuk Pokdarwis dari unsur pemuda setempat, nah pokdarwis inilah yang mengelola destinasi wisata dibawa pantauan dinas." imbuhnya.

Diketahui, wisatawan yang berkunjung ke Tanggamus masih didominasi wisatawan domestik, untuk wisatawan manca negara masih terfokus di wisata teluk kiluan dan wisata edukasi taman nasional bukit barisan.

Adapun untuk saat ini Pemkab Tanggamus belum menikmati hasil berupa pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata tersebut, karena yang dikembangkan adalah membangun ekonomi masyarakat.

"Yang kita harapkan kedepan untuk pemasukan kas daerah dari tiga spot wisata milik Pemkab Tanggamus yakni air terjun way lalaan, beberapa titik lokasi di teluk kiluan. Kemudian yang akan menjadi ikon wisata kedepan yang saat ini masih tahap pembangunan, yaitu wisata pantai muara indah Kotaagung, dengan ikon lumba lumba setinggi 13 meter," pungkas Retno.(Iyan)