(pelitaekspres.com) – PAGARALAM – Miris….baru selesai dibangun tembok irigasi Pematang Bango Kelurahan Curup Jare Kecamatan Pagaralam Utara sudah jebol. Beruntung  ,Jebolnya tembok tidak menimbulkan korban jiwa. Setidaknya ada dua titik tembok irigasi yang jebol yakni di ujung jembatan dan sebelah kiri atas tidak jauh dari lokasi pertama ..Padahal dibangunnya Irigasi ini sejatinya membantu warga petani padi di sekitar lokasi. Jebolnya tembok irigasi ini diduga akibat menyimpang dari Bestek atau ketentuan.

Hal ini tentu  tidak sesuai dengan azaz manfaat pembangunan ,karena pembangunan irigasi Pematang Bango dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Meskipun dikaetahui  ntensitas hujan yang tinggi beberapa waktu lalu yang melanda kota Pagaralam, sebagai salah satu  penyebab  Jebolnya tembok irigasi dimaksud..Tembok sepanjang lebih kurang 19 meter dengan ketinggian hampir 3 meter ini tak sanggup menahan hantaman air kala itu.

Tembok penahan ririgasi yang Jebol ini menghabiskan dana yang cukup besar bahkan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melakukan peninjauan beberapa saat proyek Bangub selesai. Namun baru sekitar 6 bulan Tembok Irigasi ini jebol.

Pantauan di lapangan, lokasi pertama ujung jembatan satu rumah warga nyaris hanyut dilanda air bah,sedangkan lokasi kedua mengangah lebar tembok yang  jebol. (Rep)

Tinggalkan Balasan