(pelitaekspres.com) –TUBABA – Penjabat Bupati Tubaba Drs. M. Firsada.,M.Si, Menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) pada

Pembicaraan Tingkat I Atas RPJPD Kabupaten Tubaba Tahun 2025-2045 dan Pembicaraan Tingkat II Atas Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun Anggaran 2023, dihadapan Rapat Paripurna DPRD Tubaba, Selasa (02/07/2024).

Dalam penyampaiannya M. Firsada mengatakan untuk mewujudkan Visi Kabupaten Tubaba 2045 Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan, memiliki 5 (lima) sasaran.

Sedangkan Visi yang akan ditempuh melalui 3 (tiga) Agenda Pembangunan, serta 8 (delapan) Misi Daerah, dan 17 (Tujuh Belas) arah/tujuan pembangunan, dan 45 (empat puluh lima) Indikator Utama Pembangunan.

“Adapun sasaran Visi Tulang Bawang Barat 2045 yaitu Peningkatan Pendapatan per Kapita, Pengentasan Kemiskinan dan Ketimpangan, Kepemimpinan Kepala Daerah di Tingkat Nasional  meningkat serta Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia, dan Penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) menuju net zero emission.” rinci M. Firsada.

M. Firsada juga menyampaikan dalam upaya pencapaian 5 (Lima) sasaran Visi tersebut, ada 3 (tiga) Agenda Pembangunan, seperti Transformasi Daerah, Landasan Tranformasi, dan Implementasi Transformasi yang di jabarkan dalam 8 (Delapan) Misi Daerah.

Ke – delapan Misi tersebut terkait dengan Transformasi Sosial, Ekonomi dan Tata Kelola.  Kemudian Keamanan Daerah Tangguh, Demokrasi Substansial dan Stabilitas Ekonomi Makro Daerah.

“Selanjutnya terkait dengan ketahanan Sosbud dan Ekologi, pembangunan kewilayahan yang merata dan berkeadilan serta kesinambungan pembangunan” tambah dia.

Pada bagian lain penyampaiannya, M.Firsada juga menyampaikan, dalam Pelaksanaan 8 (delapan) Misi RPJPD Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2025  2045 akan dilakukan dengan 17 (tujuh belas) arah/tujuan pembangunan.

Dengan arah kebijakan dan Tema Pembangunan 20 (dua puluh) tahun ke depan,  dalam kerangka pencapaian sasaran pokok RPJPD Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2025 – 2045, menurut Pj Bupati, terbagi dalam Empat (4) tahapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“RPJMD 2025 – 2029, berupa Penguatan Modal Dasar, RPJMD 2030 – 2034 berupa Peningkatan Pembangunan, RPJMD 2035-2039 berupa Pengembangan Kapabilitas Daerah, dan RPJMD 2040-2045 berupa Pemantapan Pembangunan Daerah,”jelasnya lagi.

Firsada juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Tulang Bawang Barat yang telah meng-agendakan rapat paripurna tersebut,

“Saya berharap agar Raperda RPJPD Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2025 – 2045 ini dapat dibahas untuk mendapat persetujuan bersama guna mewujudkan cita-cita pembangunan Kabupaten Tulang Bawang Barat 20 tahun ke depan yang lebih maju dan merata untuk kesejahteraan secara berkelanjutan” pungkasnya. (Red)

 

Tinggalkan Balasan