(pelitaekspres.com) -PALEMBANG- Palembang. Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberi penghargaan kepada Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni atas komitmennya memajukan dunia pariwisata Sumsel. Salah satunya dibuktikan dengan Festival Sriwijaya yang berhasil masuk dalam Karisma Event Nusantara 2024.

Penghargaan tersebut diberikan langung oleh Menparekraf Sandiaga Uno kepada Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni saat membuka Festival Sriwijaya ke-32 Tahun 2024 di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (21/6/2024).

Dalam kesempatan ini, Menparekraf mengapresiasi kegiatan terselenggaranya Festival Sriwijaya sebagai upaya membangkitkan geliat sektor pariwisata di Sumsel.

“Hari ini kita melihat kebangkitan pariwisata. Mari kita terus berkolaborasi, berkreatif dalam membangkitkan dan mengembangkan pariwisata di Sumatera Selatan,” ucap Menparekraf.

Kemudian, Menparekraf juga menyambut baik kehadiran para delegasi luar negeri yang berasal dari Spanyol dan Mexico yang hadir dalam Festival Sriwijaya tahun ini.

“Saya apresiasi tidak banyak yang bisa mengundang delegasi luar negeri. Oleh karena itu kami apresiasi atas adanya delegasi luar negeri ini,” kata Menparekraf.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno secara langsung dalam Festival Sriwijaya ke-23. Dia berharap kehadiran Menparekraf akan mendorong pariwisata serta berimbas pada kemajuan sektor ekonomi dan UMKM di Sumsel.

“Sumsel selalu melakukan Gerakan Serentak. Semua ini  demi kesejahteraan masyarakat Sumsel melalui pengembangan sektor wisata, ekonomi kreatif dan UMKM” ucap Fatoni.

“Baru-baru ini kita launching Kopi Sumsel. Sumsel merupakan daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia, kita akan dorong kopi Sumsel ini lebih dikenal hingga ke luar negeri,” sambungnya.

Bahkan lanjut Fatoni untuk mempromosikan Kopi Sumsel dalam waktu dekat akan dilakukan kegiatan minum kopi dengan peserta terbanyak di Indonesia.

“Kita juga dalam waktu dekat akan memecahkan rekor Muri dengan meminum kopi terbanyak pinggir tepian sungai musi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal menyebut Festival Sriwijaya akan dilaksanakan selama tiga hari mulai dari 21 hingga 23 Juni 2024 di Monpera Palembang.

“Berbagai kegiatan budaya dari 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel akan digelar yang juga dimeriahkan delegasi Spanyol dan Mexico. Termasuk juga perlombaan seni dan tari budaya,” tandasnya.(dkd)

 

 

Tinggalkan Balasan