(pelitaekspres.com) –YAPEN, – Ibadah perayaan Natal bersama keluarga besar Bawaslu Papua tahun 2023 kali ini untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Yapen yang dilaksanakan setelah Rapat Evaluasi pelaksanaan Pemilu dan Kinerja Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten, Kota se-Provinsi Tahun 2023 yang dilaksanakan di Hotel Kelapa Dua Serui pada Kamis, (14/12/2023).

Khotbah Ibadah perayaan Natal yang dipimpin Pdt. Evelien H. Tanamal, S.Si, Teol, PHMJ GKI Eben Haezer Warari dengan sorotan tema “Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahatera di Bumi” (Lukas 2 : 14), dan Sub tema “Dengan semangat Natal, keluarga besar Bawaslu Papua menjadikan Tuhan Yesus Kristus sebagai dasar untuk menegakkan keadilan Pemilu di Tanah Papua”.

Dalam Khotbahnya, Pdt. Evelien H. Tanamal, S.Si, Teol, menegaskan bahwa dalam Kekristenan kita harus menerapkan nilai-nilai keadilan didalam setiap kehidupan, kalau kita ikut Tuhan dan tidak bekerja dengan baik maka pasti pertanggungjawaban kepada Tuhan sebagai hakim yang adil akan meminta tanggungjawab dari kita semua.

Lewat perayaan Natal, kita diajarkan untuk memaknai suatu sukacita besar yang Tuhan anugerahkan bagi manusia bahwa Natal membawah damai, harapan, sukacita  dan kegembiraan yang Tuhan sediakan dalam hari-hari kehidupan kita selanjutnya, tidak ada yang Mustahil bagi Yesus.

“Natal mengingatkan kita bahwa hidup Kekristenan itu sangat indah, Natal mengingatkan kita bahwa Kekristenan adalah sesuatu yang luar biasa, Tuhan berikan bagi kita sehingga bagaimana meresponinya, mau menjadi anak-anak terang, atau gelap”.

Terang harus nampak, terang harus bersinar, kita kecil tetapi harus memiliki kualitas yang besar, karena didalam segala perkara, Firman mengingatkan kita semua bahwa Allah turut bekerja dalam setiap perkara kehidupan kita semua”.

Mewakili pemerintah daerah, Asisten 2 Setda Kabupaten Kepulauan Yapen, selaku Plh Sekda, Oktavianus Ayorbaba diawal sambutannya mengucapkan selamat merayakan Natal bagi semua keluarga besar Bawaslu Papua, juga Bawaslu di Kabupaten/Kota, ujarnya.

Dirinya meminta buanglah segala amarah, dendam dan kebencian dalam menyambut kelahiran sang juru selamat dunia Yesus Kristus, serta hidup bersahabat dengan semua orang meski berbeda agama, suku maupun budaya.

“Saling menjaga toleransi umat beragama tanpa harus adanya suatu perpecahan dalam pelaksanaan pesta demokrasi pada Pemilu 2024 mendatang,”

Natal tahun ini, kembali dikatakan Plh Sekda Yapen Oktavianus Ayorbaba bahwa saat ini diwarnai dengan suasana persiapan menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilu 2024, kendati demikian saya pesankan tetap luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga agar sukacita natal tidak pudar ditengah kesibukan kita mempersiapkan pemilu 2024.

Dalam memaknai Natal, Oktavianus mengatakan harus menjadi gerbang suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi pemilu 2024, oleh sebab itu mari bersama-sama ciptakan kondisi daerah dan masyarakat yang tetap kondusif sehingga tahapan-tahapan persiapan pemilu, perayaan Natal dan menyambut tahun baru 2024 tetap bisa berjalan aman dan terkendali.

“ini yang perlu menjadi perhatian kita bersama baik itu, Bawaslu, KPU, ASN, TNI/POLRI, partai politik dan komponen masyarakat terkait lainnya demi kemuliaan bagi Allah dan damai sejahtera di bumi,” tandasnya.

Sementara kesan dan pesan Natal yang disampaikan pimpinan Bawaslu Provinsi Papua diwakili Kordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Haritje Latuihamallo, SH, mengatakan selaku penyelenggara pemilu memiliki berbagai tekanan situasi yang datang, sehingga sebagai penyelenggara pemilu dan tentunya itu tidak akan bisa di jalani tanpa doa.

“Kami Bawaslu di provinsi Papua, 8 Kabupaten dan 1 kota meminta dukungan secara moril agar tetap menjaga integritas sebagai penyelenggara pemilu, dapat menegakkan keadilan pemilu di tanah Papua, bisa menyuarakan dan membantu bapak ibu terwakilkan pimpinan-pimpinan yang bisa melihat kita di 5 tahun ke depan,” ujarnya.

Kordiv Latuihamallo berpesan untuk jangan ikut-ikutan terlibat politik identitas, money politik dan membantu pihak Bawaslu untuk sama-sama menjaga kedamaian di tanah Papua, menjadikan pemilu yang adil, damai dan sukacita di tanah Papua khususnya di Kapulauan Yapen.

Sementara, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Yuhendar Muabuai yang juga menyampaikan kesan Natal, Dirinya meminta untuk tinggalkan semua yang jelek-jelek dengan hati yang senang dan satukan hati di malam Natal yang bahagia ini, sehingga kita semua satukan kekuatan sebagai pengawas pemilu untuk tahun 2024 dan tahun kepemimpinan di Provinsi Papua.

”malam Natal ini mari kita semua bergandeng tangan dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh negara, satukan kekuatan kita untuk laksanakan tugas-tugas pengawasan untuk kesuksesan Pemilu serentak tahun 2024 yang akan datang”

Perayaan Natal bersama keluarga besar Bawaslu Papua ini, ikut dimeriahkan oleh Paduan suara Ikatan keluarga Maluku (IKEMAL) Kabupaten Kepulauan Yapen, selain itu juga PSG GKI Yeziel Anotaurei, juga Vokal group Bawaslu Waropen dan Bawaslu Kepulauan Yapen.

Turut menghadiri Ibadah perayaan Natal ini, Anggota Bawaslu Papua, Yacob Paisei, MH, Kabag Ops Polres Kepulauan Yapen mewakili Kapolres Kepulauan Yapen, para anggota Bawaslu se Kabupaten / Kota Provinsi Papua, DOB Papua selatan, Papua Pegunungan dan Papua Tengah serta perwakilan dari masing-masing Partai Politik, dan masyarakat. (Rilis/Zack).

Tinggalkan Balasan