(pelitaekspres.com) – NATAR – Setiap kendaraan bermotor pasti dibekali dengan lampu yang ada di bagian depan maupun di belakang motor. Mulai dari lampu utama yang ada di tengah bagian depan motor dan lampu sein yang dipasang di depan dan juga belakang serta lampu rem yang diletakkan di belakang tepatnya di tengah-tengah lampu sein.

Masing-masing lampu tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Seperti pada lampu utama yang berfungsi sebagai penerang jalan yang ada di depan. Lampu ini juga menjadi penanda kendaraan yang melintas beda arah dengan yang kita lalui terlebih saat berkendara malam hari.

Sedangkan lampu rem yang terletak di belakang motor berfungsi untuk memberikan petunjuk pada pengendara di belakang bahwa kendaraan yang kita sedang melakukan pengereman. Dengan begitu, diharapkan pengendara belakang juga menurunkan kecepatannya agar tidak terjadi kecelakaan.

Lantas, apa kegunaan dari lampu sein? Apa saja peran penting lampu sein ini? Pada artikel berikut ini kami akan membahas pentingnya penggunaan lampu sein bagi pengendara sepeda motor. Simak artikel selengkapnya berikut ini.

  1. Sebagai Petunjuk Untuk Motor Ketika Berbelok

Keberadaan lampu sein yaitu terletak di samping kiri dan kanan lampu utama dan lampu rem. Lampu sein berguna sebagai indikator bahwa motor kita akan berbelok, tentu arah belok ini bisa kita berikan petunjuk bagi pengendara di belakang melalui lampu sein mana yang menyala, apakah bagian kanan atau kiri?

Namun, seringkali masih ditemui di jalanan, orang yang hendak berbelok ke kanan namun menyalakan lampu sein ke kiri begitupula sebaliknya. Meskipun ini merupakan hal yang sepele, namun cukup meresahkan para pengendara motor yang lain. Jadi, bagi Anda gunakan lampu sein yang tepat, apakah hendak berbelok ke kanan atau ke kiri, agar tidak mengganggu pengendara di belakang Anda.

  1. Mengurangi Risiko Kecelakaan

Pentingnya lampu sein selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Bayangkan, jika semua motor tidak dibekali dengan lampu sein atau para pengendara tidak menggunakan lampu sein ketika hendak berbelok? Orang-orang tidak akan tahu kemana motor yang ada di depannya hendak berbelok.

Sudah pasti kondisi jalan akan kacau, sehingga keberadaan lampu sein ini memang sangat penting. Meskipun masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya lampu sein ini.

Tanpa lampu sein, mereka yang berkendara di jalan bisa mengalami kecelakaan. Karena tidak ada indikator apapun yang dapat dijadikan pertimbangan dalam mengambil keputusan ketika berkendara di jalan. Misalnya ketika Anda hendak menyalip kendaraan yang ada di depan Anda, maka Anda harus memperhatikan lampu sein motor tersebut. Jika lampunya menyala bagian kanan, maka sebaiknya urungkan niat Anda untuk menyalip di sisi kanan. Tunggulah sampai motor itu berbelok, maka Anda baru bisa menerobos jalanan di depan.

  1. Sebagai Tanda Pindah Jalur

Saat Anda melewati jalanan yang memiliki dua jalur atau lebih, maka pentingnya bagi Anda untuk menyalakan lampu sein ketika berpindah jalur. Dengan begitu, pengemudi lain yang berada di jalur yang sama dari arah yang berlawanan dapat mengantisipasinya karena sudah diberikan kode lampu sein oleh Anda. Mereka pun bisa menurunkan kecepatan dan mengurungkan niat jika akan menyalip motor Anda.

Itulah beberapa Pentingnya Penggunaan Lampu Sein Untuk Keselamatan Pengendara. Setelah mengetahui fungsinya, apakah Anda masih akan menyepelekan keberadaan lampu sein ini? Tetaplah menggunakan lampu sein sesuai dengan fungsinya karena berarti bukan hanya menjaga diri Anda namun juga menjaga pengendara lainnya.” Ujar Pitus Marsono Outlet Leader Astra Motor Natar

Info Produk Honda Hubungi kami di 0721 92661 / 082183636395 (*)

Tinggalkan Balasan