(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG- Asuransi motor adalah salah satu cara paling tepat untuk kamu yang membeli motor baru. Hal ini dilakukan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan motor baru yang kamu beli. Kendati demikian, kamu tetap harus melakukan servis rutin sehingga motor bisa awet digunakan dalam jangka panjang. Perawatan motor baru akan sangat berpengaruh pada kualitas mesin kendaraan itu sendiri. Oleh karena itu, pastikan kamu merawat motor baru dengan baik dan benar. Agar pemakaiannya bisa awet, motor baru perlu dirawat dengan cara-cara khusus.

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan untuk merawat motor baru :

  1. Wajib panaskan motor sebelum dipakai
    Sebelum mengendarai motor baru, pastikan kamu sudah menyalakan mesin motor dan membiarkannya menyala selama beberapa menit. Hal ini dilakukan agar mesin motor lebih siap dipacu saat berkendara. Untuk memanaskan mesin motor sebelum dipakai, sebaiknya kamu tidak memutar gas berkali-kali agar tidak menghasilkan emisi gas buang berlebihan. Rutinitas sederhana ini akan membuat mesin motor baru lebih awet.
  2. Gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi
    Dalam perawatan motor baru, diperlukan penggunaan bahan bakar berkualitas tinggi sehingga mesin motor jadi lebih awet. Perlu diketahui, bahan bakar berkualitas tinggi umumnya memiliki nilai oktan yang tinggi pula. Setidaknya, bahan bakar berkualitas memiliki nilai oktan 90. Dengan begitu, kemungkinan munculnya kerak akibat proses pembakaran mesin bisa lebih diminimalisir. Bahan bakar dengan oktan tinggi juga menghasilkan tenaga lebih besar, sehingga pemakaiannya lebih irit.
  3. Hindari membawa beban berlebih
    Selanjutnya, pastikan kamu tidak membawa motor dengan beban berlebih, terutama ketika berkendara jarak jauh. Hal ini dikarenakan semakin banyak beban yang dibawa, maka mesin motor pun akan bekerja lebih keras agar tenaga yang dikeluarkan bisa optimal. Di samping itu, kelebihan muatan saat berkendara bisa membuat suspensi motor cepat rusak. Maka, sebaiknya hindari membawa banyak barang dan sesuaikan beban muatan dengan kapasitas motor tersebut.
  4. Lakukan service dengan rutin
    Pembelian unit motor baru biasanya disertai dengan layanan jasa servis gratis sesuai jadwal yang ditentukan pihak dealer. Selama periode ini, kamu bisa melakukan servis dengan rutin untuk memastikan mesin motor awet. Namun, ketika layanan jasa servis gratis sudah habis, kamu tetap harus melakukan servis kendaraan bermotor dengan rutin. Pasalnya, jika melewati jadwal servis yang seharusnya, maka akan ada saja keluhan yang muncul dari pemakaian kendaraan, termasuk motor baru.
  5. Lengkapi proteksi motor dengan asuransi motor
    Jangan lupa, lengkapi proteksi atau perlindungan motor barumu dengan produk asuransi motor. Asuransi motor merupakan produk pertanggungan atas kerugian atau kerusakan yang terjadi pada motor, yang dijamin oleh pihak penyedia asuransi.

Biasanya, bentuk jaminan asuransi yang diberikan bermacam-macam sesuai dengan plan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi kendaraan. Salah satu bentuk paling umum adalah jaminan penggantian pada kendaraan yang dicuri. Jika memiliki asuransi, Anda dapat menekan risiko kerugian mengingat biaya penggantian akan ditanggung oleh pihak asuransi. Itulah beberapa cara perawatan motor baru.(*)

 

Tinggalkan Balasan