(pelitaekspres.com) –JAKARTA- Dalam rangka melaksanakan program sungai bersih dan upaya mencegah terjadinya banjir di musim penghujan, tanpa canggung, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., terjun langsung memimpin pembersihan Sungai Krukut pada Karya Bakti yang digelar Kodim 0501/Jakarta Pusat di wilayah Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023).

Karya Bakti pembersihan anak sungai Krukut Tanah Abang tersebut dibagi menjadi empat sektor pembersihan. Masing-masing sektor melaksanakan pembersihan sepanjang 500 meter.

Jenderal Maruli Simanjuntak blusukan menyisir bantaran sungai Krukut, didampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan, untuk memimpin 700 personel dari jajaran TNI, Polri, Pemda, Satpol PP, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Dishub, Damkar, serta masyarakat sekitar, untuk membersihkan Sungai Krukut dari sampah dan lumpur yang menyumbat aliran air.

Kasad mengatakan bahwa menghadapi musim penghujan, kegiatan penyiapan jalur aliran air ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia, guna mengantisipasi terjadinya banjir. Selain itu, telah dilaksanakan pula program-program lain seperti pembersihan pasar-pasar tradisional, dan nantinya juga akan mulai dicanangkan program penanaman pohon.

“Kegiatan ini hingga akhir bulan Desember akan terus dilakukan. Dalam waktu dekat kita juga akan menyelenggarakan program menghutankan kembali lahan yang telah terbakar, seperti Gunung Lawu, serta gunung yang berada di wilayah Jawa Barat,” ungkapnya.

Kasad menghimbau agar seyogyanya kegiatan yang juga dihadiri oleh Pj. Gubernur DKI dan Kapolda Metro Jaya ini, dapat dijadikan sebagai pengingat bagi seluruh masyarakat, untuk terus menjaga dan memelihara lingkungan. Sehingga terhindar dari banjir dan bencana alam lainnya, serta masyarakat dapat hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. (Ronald)

Tinggalkan Balasan