(pelitaekspress.com) -TERNATE – Sampai saat ini belum ada tanda-tanda virus Corona akan berakhir di Indonesia, khususnya di Maluku Utara. Bahkan memasuki akhir bulan Juni 2020, angka pasien positif Covid-19 semakin meningkat drastis.

Hal itu berdasarkan hasil update pengolahan data di pusat data dan informasi gugus tugas Covid-19 Maluku Utara, yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan KKP kelas III Ternate.

Juru Bicara Covid-19 Malut, Alwia Assagaf mengatakan, untuk status kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada hari, Jum’at (26/6/2020) kemarin, pihaknya telah menerima hasil pemeriksaan melalui TCM di RSUD Chasan Boesoeri sebanyak 48 spesimen (37 orang) untuk diagnosa 7 orang, follow up 30 orang. Juga melalui PCR BTKL-PP Manado diperiksa 16 spesimen (10 orang) untuk diagnosa 7 orang untuk follow up 3 orang.

”Selain itu, dari Polymerase Chain Reaction (PCR) BBLK Makassar diperiksa sebanyak 68 spesimen (36 orang) untuk diagnosa 33 orang dan untuk follow up 3 orang,” kata Alwia.

Lanjut Alwia menjelaskan dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi positif melalui TCM RSUD Chasan Boesoeri 5 orang, PCR BBLK Makassar 17 orang, PCR BTKL-PP Manado 2 orang.

”Maka total positif sebanyak 24 orang,” ungkapnya.

Untuk penambahan tersebut, tersebar di 2 Kota dan 4 Kabupaten, yaitu, 6 orang dari Kota Ternate, 2 orang dari Kota Tidore, 7 orang dari Halbar, 7 orang dari Halsel,, 1 orang dari Haltim, dan 1 orang dari Halteng, maka jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Maluku Utara sampai hari ini menjadi 661 orang.

”Selanjutnya kasus baru ini kami sebut sebagai kasus 638 sampai dengan kasus 661,” paparnya. (ais)

Tinggalkan Balasan