(pelitaekspres.com) –MOROWALI- Pemerintah Kabupaten Morowali melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar kegiatan ceramah umum dengan tema “Penyelenggaraan Pemerintah, Pembangunan, dan Pelayanan Kemasyarakatan yang Memiliki Nilai-Nilai Dasar sebagai Core Values ASN Berakhlak”, berlangsung di Caffe Bungku Beach Morowali, desa Tofuti Kecamtan Bungku Tengah. Kamis, (27/06/24).

Kegiatan tesebut dibuka langsung oleh Kapus Latbang LAN RI KMP Makassar, Dr. Andi Taufik, M.Si. kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Morowali, Drs. Yusman Mahbub, M.si, Widyaiswara LAN RI Makassar, Nurwahyudianti, SS.,MHR.IR dan M. Yunus, S.IP.,S.Psi.,M.Si, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur forkopimda, Insan Pers dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Morowali, Yusman Mahbub, menyampaikan pemikirannya tentang perkembangan dan kemajuan wilayah Morowali. “Kami berpikir bahwa Morowali semakin maju, semakin berkembang dari waktu ke waktu. Kemajuan ini terlihat dari kepemimpinan yang semakin baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Siapa yang menunjukkan kemanfaatan akan menerima pengakuan di tingkat nasional, baik dalam merawat infrastruktur maupun pelayanan publik,” ungkapnya

Ia menambahkan bahwa pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Alumni untuk terus belajar dan mengadopsi konsep Merdeka Belajar. “Belajar adalah budaya yang harus dijunjung tinggi oleh kita semua, terutama para alumni. Orang cerdas adalah orang yang tidak pernah berhenti belajar. Meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan dan pembelajaran kontinu akan memberikan kontribusi positif dalam pembangunan Morowali ke depan”, ujarnya.

Yusman Mahbub juga menyampaikan harapannya agar Morowali dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif, tidak hanya di tingkat lokal tetapi juga nasional. “Kepada negara-negara lain, kita ingin menunjukkan bahwa Morowali mampu bersaing dan memberikan kontribusi positif. Kita harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan yang ada,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapus Latbang LAN RI KMP Makassar, Dr. Andi Taufik, M.Si juga mengatakan terkait metode dalam kepemimpinan harus didasarkan pada sikap belajar yang terus-menerus, karena kepemimpinan yang efektif tidak hanya mengandalkan pengalaman masa lalu, tetapi juga memanfaatkan pembelajaran untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan.

Andi Taufik juga mengatakan bahwa dengan menerapkan budaya data, Morowali dapat memanfaatkan informasi yang akurat dan terukur untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat dan efektif dalam berbagai aspek pembangunan. “Budaya data ini tidak hanya meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, tetapi juga memungkinkan inovasi yang berkelanjutan dan pemecahan masalah yang lebih efisien. Dengan demikian, Morowali dapat mengoptimalkan potensi sumber daya mereka untuk mencapai tujuan pembangunan jangka panjang secara lebih efektif”, pungkasnya.

Dirinya berharap hal tersebut dapat memberikan inspirasi bagi seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Morowali untuk lebih berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh Masyarakat dan akan segera diimplementasikan untuk mencapai visi Morowali sebagai lumbung data dan pusat inovasi yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.Tandasnya.(Rpdm)

Tinggalkan Balasan