(pelitaekspres.com) -PURWAKARTA – Dalam rangka memperluas dan mempermudah layanan, BPJS Ketenagakerjaan menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk mempermudah peserta membayar iuran. Kini, peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa membayar iuran bisa melalui agen BRILink.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta Novri Annur mengatakan, kerjasama ini merupakan bagian dari program terkait kemudahan dalam pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.

“Kerjasama ini memiliki peluang yang sangat besar mengingat ada kebutuhan dari peserta untuk memiliki kemudahan pembayaran iuran. Ia menyebut, paling banyak peserta yang membayar itu pekerja UKM dan informal yang juga sejalan dengan pasar dari BRI. Yang paling banyak kalau kita lihat dari total pekerja itu adalah teman-teman di UKM dan pekerja informal atau kami menyebutnya BPU,” ujar Novri di Kantor Cabang BPJS ketenagakerjaan Purwakarta pada Jum’at 10 Mei 2024.

Novri mejelaskan, bahwa Agen BRILink merupakan perpanjangan tangan BPJS Ketenagakerjaan. Melalui agen BRILink pendaftaran kepesertaan BPU (Bukan Penerima Upah) sudah bisa dilakukan. Selain pendaftaran, pembayaran iuran kepesertaan BPU juga bisa dilakukan melalui agen BRILink.

“Calon peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mendatangi agen-agen BRILink terdekat untuk melakukan registrasi pendafatran dan pembayaran iuran. Pendafataran kepesertaan BPU juga bisa dilakukan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO),” terangnya.

Adapun sosialisasi bersama BPJS Ketenagakerjaan mengenai Joint Marketing BPJS Ketenagakerjaan dengan agen BRILink sudah dilakukan pada 8 Mei 2024 lalu di kantor BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta dihadiri oleh 30 agen BRILink se-Purwakarta.

“Dengan ini, seluruh agen BRILink sudah siap melayani proses pendaftaran dan pembayaran iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Novri.

Menurut Novri, berkolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah bekerja sama melalui program Agen BRIlink untuk sama-sama memberikan pelayanan pendaftaran dan pembayaran iuran bagi peserta terkhusus peserta bukan penerima upah (BPU).

“Joint marketing Ini merupakan sebuah langkah yang tepat untuk memberikan pelayanan pendaftaran dan pembayaran iuran bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan sektor BPU,” ujarnya.

Di Purwakarta sendiri, pusat perekonomian masih tersentralisasi di beberapa kecamatan. Belum semua wilayah kecamatan memiliki kanal pembayaran iuran.

“Dengan kolaborasi bersama BRI melalui Agen BRIlinknya, kita berharap dapat memecahkan permasalahan yang selama ini menjadi penghambat untuk peserta mandiri membayarkan iuran tepat waktu,” terang Novri.

Sementara itu Novri berharap joint marketing BPJS ketenagakerjaan dengan Agen Brilink berdampak positif kepada masyarakat Purwakarta secara menyeluruh. (DR)

Tinggalkan Balasan