(pelitaekspres.com) – LAMSEL – Polsek Tanjung Karang Barat, wilayah hukum Polresta Bandar Lampung, merespons dengan sigap pengaduan dari Masjid Nurul Huda mengenai seorang pria bernama samaran Berlian Pratama, nama sebenarnya Asep Permana. Asep, warga Bandung yang tinggal di Pondok Yatim Piatu Amalilah, telah melaporkan dirinya sebagai orang terlantar ke Polsek Tanjung Karang Barat pada 4 Juli 2024, dengan nomor laporan STPL/C/928/VII/2024/SPKT/Polsek Tanjung Karang Barat/Polresta Bandar Lampung/Polda Lampung.

Asep Permana, yang berada dalam kondisi tanpa dana, tidak bisa pulang ke Bandung. Menurut laporan media Clickinfo, Asep menceritakan bahwa anggota Polsek Tanjung Karang Barat telah memberikan bantuan berupa makanan dan uang yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Berjuang untuk bertahan hidup di perantauan, Asep berjalan kaki dan beristirahat di Masjid Darussalam. Setelah satu malam di sana, ia melanjutkan perjalanan dan tiba di Masjid Nurul Huda, Jl. Kopi Rajabasa, Kota Bandar Lampung, pada Sabtu, 6 Juli 2024. Asep menginap di masjid tersebut selama dua hari tiga malam hingga 8 Juli 2024.

Ketua renovasi Masjid Nurul Huda, Novis, menginformasikan kepada Kapolsek Tanjung Karang Barat, AKP Ono Karyono, mengenai keberadaan Asep di masjid tersebut. AKP Ono Karyono segera merespons dengan sigap dan mengutus anggota untuk menjemput Asep pada malam yang sama, Senin, 8 Juli 2024.

Aiptu Irvan Yudha, selaku Ka SPKT, dan Bripka Ramadhan segera menyambangi Masjid Nurul Huda untuk menjemput Asep. “Asep Permana dijemput Polsek Tanjung Karang Barat untuk diberikan solusi agar ia dapat kembali ke Pondok Yatim Piatu Amalilah di Jawa Barat,” terang Aiptu Irvan.

Pada Selasa, 9 Juli 2024, AKP Ono Karyono mengonfirmasi bahwa Asep telah diantarkan ke Dinas Sosial untuk dikembalikan ke Jawa Barat. “Kami melihat sisi kemanusiaannya dan memutuskan untuk mengembalikannya ke tempat asalnya,” ujar AKP Ono Karyono melalui sambungan selulernya.

Firdaus, Ketua BKM Nurul Huda, mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polsek Tanjung Karang Barat atas respons cepat dan koordinasi yang baik terkait keamanan dan ketertiban masyarakat. “Bravo untuk Polri. Selamat Hari Bhayangkara ke-78. Selanjutnya, kami serahkan kepada pihak kepolisian,” tegas Firdaus. (Novis)

Tinggalkan Balasan