(pelitaekspres.com) – BANDAR LAMPUNGSalah satu fitur yang terdapat di motor-motor matic keluaran Honda adalah fitur Idling Stop System (ISS). Fitur ISS ini tujuannya untuk menghemat bahan bakar dengan mematikan motor sejenak saat motor dalam kondisi diam seperti di lampu merah. Lalu pengendara tinggal memutar gas untuk menyalakan motor tanpa perlu menyalakan starter.

Tapi kalian yang pakai motor Honda dan terdapat fitur ISS wajib tahu penyebab sepele jika fitur ISS kalian mendadak tidak fungsi. Seperti diungkapkan oleh Suroso selaku Kepala Bengkel Astra Motor Imam Bonjol salah satu faktor ISS tidak berfungsi diakibatkan oleh aki yang lemah.

“Aki tekor atau sudah lemah bisa bikin ISS tidak fungsi,” buka Suroso. “Kalau motor tidak bisa dinyalakan pakai starter elektrik tapi pakai kick starter bisa hidup ISS biasanya tidak akan bekerja,” lanjutnya.

Perlu diketahui untuk mengaktifkan sistem ISS maka tegangan aki memang harus dalam kondisi baik. “Soalnya ada banyak sensor untuk mengaktifkan sistem ISS ini, seperti Engine Control Module (ECM), Throttle Position (TP) Sensor, VS Sensor atau pendeteksi perubahan kecepatan, ditambah Engine Coolant Temperatur (ECT),” terangnya.

Wah lumayan rumit ya untuk mengaktifkan ISS saja. “Kalau misalnya ISS tidak aktif meskipun saklarnya ditekan coba charge aki atau ganti baru,” tambahnya lagi. “Misal tidak ada perubahan disarankan ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut,” tutupnya.

Jika motor Honda kesayangan anda mengalami kendala tersebut, dapat melakukan service di Astra Motor Imam Bonjol. Astra Motor Imam Bonjol melayani jasa service kunjung dan service visit. Beralamat di Jalan Imam Bonjol No. 273 Kel. Gedong Air Kec. Tanjung Karang Barat Bandar Lampung. Info Hubungi 085218223353

 

Tinggalkan Balasan