(pelitaekspres.com) – BANDAR LAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya sebagai Kampus Internasional selalu menjadi pilihan mahasiswa asing untuk menimba ilmu di Kampus The Best. Tahun ini, mahasiswi asal Vietnam Huynh Thi Khanh Ngan menjalani pertukaran mahasiswa (student exchange) selama satu semester di IIB Darmajaya.

Student exchange ini dilakukan atas hubungan kerja sama yang terjalin dari 2020 antara IIB Darmajaya dan University Economics and Law (UEL), Vietnam. Dimana IIB Darmajaya juga beberapa kali mengirimkan mahasiswa untuk belajar satu semester di UEL, Vietnam dalam program International, student mobility.

Huynh Thi Khanh Ngan yang akrab disapa Grace dalam keseharian menjalani kuliah di IIB Darmajaya ini juga mengikuti berbagai kegiatan di IIB Darmajaya. Mahasiswi semester VI dari University Economics and Law (UEL) ini mengikuti student exchange di Prodi Manajemen.

Adapun beberapa mata kuliah yang diambilnya yakni Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) Lanjutan, Manajemen Pemasaran Jasa, Komunikasi dan Bisnis, dan Pemasaran Lanjutan. “Senang bisa berkuliah di Kampus IIB Darmajaya, Bandarlampung, Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Grace sangat menyukai suasana di Lampung terutama Bandarlampung dengan kehangatan orang-orangnya. “Ada sedikit kesulitan untuk berkomunikasi terutama bahasa Indonesia tetapi saya senang untuk belajar bahasa Indonesia. Teman-teman mahasiswa di IIB Darmajaya juga sangat banyak membantu untuk komunikasi bahasa Indonesia. Saya juga senang bisa mengunjungi banyak tempat wisata di sini bersama staf kantor internasional dan teman-teman,” ujarnya.

Grace menjalani perkuliahan selama satu semester sejak Maret hingga Agustus 2024. Ia juga terlibat dalam kegiatan Unit Pelaksana Teknis (UPT) International Office diantaranya promosi, sosialisasi student mobility, seleksi program magang internasional, dan penutupan program Darmasiswa di IIB Darmajaya.

Sementara, Kepala UPT International Office IIB Darmajaya, Rahmalia Syahputri mengatakan Grace selain menjalani student exchange juga magang selama dua bulan di International Office IIB Darmajaya. Grace menjalani kegiatan magang dengan mengelola media sosial kantor international. “Grace juga belajar memanajemen kegiatan di UPT International Office mulai dari perencanaan hingga implementasi,” ucapnya. (**)

Tinggalkan Balasan