(pelitaekspres.com) -BANDAR LAMPUNG – Untuk konsumen yang  berniat  memiliki motor baru, apalagi jika ini untuk pertama kali,  ada beberapa tips yang jadi bahan pertimbangan.  Simak yuk apa saja  Langkah yang perlu dilakukan :

Survey 

Agar tidak tertipu, pastikan membeli motor pada dealer resmi dari merek motor yang dipilih. Jangan sekedar mengecek harga pada satu dealer. Kamu perlu cek dua sampai tiga dealer dan lakukan  perbandingan. Mengapa ini penting dilakukan? Karena pastinya,  ada perbedaan harga dan juga kebijakan pembelian motor walaupun sama-sama dealer resmi dari merek yang sama.

Baca Review 

Perlu dan penting membaca review banyak orang terkait pilihan motor yang akan dibeli. Cari dan baca diberbagai blog, forum  otomotif di internet, maupun tayangan video di YouTube. Jika  ternyata banyak informasi negatif, baiknya cari merek lain.  Atau konsultasikan pada teman atau keluarga, yang sudah pernah memakai merk tertentu yang Anda sukai.

Perhatikan spesifikasi setiap elemen penting dari motor tersebut. Hal ini akan membantu Anda untuk membandingkan dan memastikan apakah motor tersebut adalah pilihan yang tepat atau tidak.

Lakukan Test Drive

Jika sudah memutuskan untuk membeli satu merk tertentu, Jangan lupa coba motor sebelum membelinya atau lakukan test ride pada dealer motor yang didatangi.

Cek Kondisi Motor

Meski sudah membaca reviewnya, saat melihat langsung motor yang ingin dibeli teliti kembali spesifikasinya. Salah satu kesalahan pemula adalah hanya mengecek bodi dan mesin. Selain itu, bila ada penawaran yang miring langsung terbujuk untuk membelinya.

Selain soal harga, hal lain yang perlu dicek sebelum membeli motor, adalah apakah motor sesuai kebutuhan,  apakah bahan bakarnya irit? Bagaimana desainnya, apakah harganya sesuai dengan kualitasnya, perhatikan juga biaya service dan spare parts-nya, dokumen pajak, dan sebagainya.

Periksa Teliti Proses Pembayaran 

Meski sangat menyukai satu merk motor yang bakal dibeli, pastikan sesuai dengan budget yang dimiliki. Lantas, bagaiaman metode pembayarannya. Hindari memaksakan kehendak dengan membeli secara tunai namun setelahnya Anda tidak lagi memiliki uang.

Jika memilih sistem kredit, salah satu tips membeli motor, yakni dengan memilih jumlah DP yang yang nominalnya besar. Ini dimaksudkan agar jumlah cicilan per bulan tidak terlalu besar. Namun, perlu lebih teliti saat memutuskan untuk melakukan kredit motor, perhatikan berapa bunga dan hal penting lainnya.

Pikirkan Biaya Lain

Pikirkan, setelah membeli motor baru, tengok apakah ada  biaya tambahan yang mesti dikeluarkan seperti untuk membeli peralatan keamanan misalnya jaket motor, helm, sarung tangan motor, pelindung tambahan atau perlengkapan lainnya.

Pakai Asuransi

Perlu dipertimbangkan juga untuk memberikan proteksi pada motor dengan mendaftarkan pada asuransi.  Ini penting, agar bila terjadi risiko kecelakaan, kendaraan dan tentunya Anda dalam posisi menjadi lebih aman.

Setelah motor baru dalam genggaman , sebaiknya rawat secara rutin. Jadwalkan perawatan di bengkel AHASS TDM Diponegoro. Lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di   bengkel AHASS TDM Diponegoro agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  termasuk ban tetap bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS TDM Diponegoro dengan mendowload aplikasi Motororan di aplikasi playstore untuk pengguna android dan App store pada pengguna Iphone untuk kebebasan waktu dalam melakukan service. . Tutup Kiki Sihotang kepala cabang TDM Diponegoro.(*)

 

Tinggalkan Balasan